5 Wisata Candi Yang Wajib Dikunjungi Di Jogja

Tips Wisata murah5 Wisata Candi Yang Wajib Dikunjungi Di Jogja –  Jogja memang tidak lepas dari wisata yang sangat eksotis dan bikin pengunjung buat pengen balik terus ke sini. Dari banyaknya tempat wisata, candi-candi di Jogja tentu tidak bisa dianggap sebagai wisata yang kuno dan gak nge-Hitz. Pasalnya, mereka punya daya tarik tersendiri, yang membuat kamu bakal melongo, nyaman dan santai. Nah, disini DolanYuk akan memberikan rekomendasi lokasi Candi yang wajib kalian kunjungi selama di Jogja, guys.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah destinasi wisata Candi pertama yang tidak boleh dilupakan, selain menjadi ikon kota Jogja, Candi Prambanan juga memiliki arsitektur yang luar biasa luas dan megah dibanding candi lainnya. Candi prambanan terletak di daerah Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi yang dibangun pada tahun 850 M ini masih berdiri hingga kokoh sampai sekarang. Daya tarik lain dari Candi Prambanan yaitu, banyaknya candi-candi kecil yang mengelilingi Candi Prambanan yang bisa disebut merupakan Candi Utama, diantara candi yang berada di sekeliling Candi Prambanan yaitu, Candi Sewu, Candi Bubrah, dan masih banyak lagi.

Akses jalan menuju Candi Prambanan juga bisa dibilang cukup mudah, jika perjalanan berasal dari timur, maka sebelum memasuki kota jogja, tepatnya setelah kota Klaten, maka kalian akan mendapati komplek Objek Wisata Candi Prambanan di kanan jalan. Sementara itu, jika sudah di kota Jogja, maka untuk menuju Candi Prambanan, kalian bisa menuju ke jalan Adi Sucipto dan berjalan ke arah timur menuju jalan solo. Untuk lebih mudahnya jika kalian mencari Rute Menuju Candi Prambanan, kalian bisa melihat peta dibawah ini:

2. Candi Ratu Boko

Kompleks Candi Ratu Boko
Kompleks Candi Ratu Boko

Tidak jauh dari Candi Prambanan, tepatnya masih dalam wilayah yang sama di daerah Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat candi yang memiliki nuansa yang lebih sejuk karena terletak di atas bukit dan tempat yang cukup luas, Candi ini dikenal denagn nama candi Ratu Boko. Situs Ratu Baka atau Candi Boko adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan. Dari candi ini, ada satu spot yang memungkinkan pengunjung untuk melihat Candi Prambanan dari perbukitan dan pemandangannya memang luar biasa bagus dan keren.

Candi Ratu Boko juga merupakan tempat yang sangat tepat bagi kalian yang suka dengan nuansa senja dan sedang mencari Spot Terbaik Untuk Melihat Matahari Terbenam di Jogja karena terletak di ketinggian dan tidak terhalang oleh bangunan apapun. untuk tiket masuk Candi Ratu Boko hingga saat ini masih berada di harga Rp. 25.000 untuk sekali masuk. Untuk kalian yang ingin berkunjung kesini, bisa melihat peta lokasi candi Ratu boko dibawah ini:

3. Candi Ijo

Kompleks Candi Ijo
Kompleks Candi Ijo

Candi ketiga cyang wajib kalian kunjungi yaitu Candi Ijo. Candi ini terletak di lokasi yang lebih tinggi dari Candi Ratu Boko yang berada di urutan kedua. Candi Ijo merupakan candi yang bercorak Hindu, berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kita-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Hingga saat ini, beberapa spot di Candi Ijo masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Suasana di sini lebih sejuk dan agak dingin, dari ketinggan Candi Ijo, pengunjung bisa melihat langsung ke arah Bandara dan kota Jogja.

Untuk bisa sampai ke Candi Ijo, pengunjung harus melewati jalan yang agak mendaki dan cukup terjal, untuk itu, sebelum mengunjungi Candi Ini pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang cukup baik. Disini, pengunjung juga bisa menikmati Sunset yang cukup keren. Beberapa objek wisata yang cukup dekat dengan Candi Ijo dan lagi Hitz saat ini yaitu Tebing Breksi dan beberapa candi kecil seperti candi Banyunibo dan lainnya. Rute Menuju Candi Ijo bisa kalian lihat dibawah ini:

4. Candi Sambisari

Candi Sambisari
Candi Sambisari

Candi sambisari terletak di lokasi yang sedikit berbeda denagn 3 Candi sebelumnya. Candi Sambisari terletak di di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi Sambisari terletak lebih rendah di bawah permukaan jalan. Kawasan Candi Sambisari sangat sering dikunjungi oleh penduduk sekitar, karena letaknya yang dekat dengan perkampungan juga karena biaya untuk masuk ke lokasi ini sangat murah, yaitu sekitar Rp. 2000/orang.

Daya tarik lokasi candi ini, antara lain, adanya wisata kuliner yang sangat rame dan dicari banyak orang yaitu Soto Bathok. Nah, jika kalian kebetulan sedang mencari Soto Bathok, tidak ada salahnya sekalian untuk menyusuri Candi Sambisari. Untuk peta lokasi wisata Candi sambisari, bisa dilihat dibawah ini:

5. Candi Abang

Candi Abang - Source: kifni.com
Candi Abang – Source: kifni.com

Candi terakhir yaitu Candi Abang, dan candi ini ke kembali ke wilayah dekat candi prambanan. Kalian belum pernah dengar? Iya! Memang candi ini masih sangat jarang di kunjungi karena tidak ada bangan seperti candi pada umumnya, malah menurut saya, lebih terlihat seperti Bukit Teletubbies bukan?. Candi Abang ini terletak di daerah Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, jika dari arah candi ratu boko maka masih harus berjalan ke arah selatan menuju daerah piyungan. Candi ini disebut candi Abang, karena candi yang masih tertutup bukit tersebut memiliki konstruksi yang berbahan batu merah dan merah dalam bahasa jawa disebut Abang.

Berkunjung ke Candi Abang sangat bagus jika dilakukan di pagi hari karena bisa menikmati Sunrise dan suasana yang sangat hening karena terletak agak jauh dari jalan raya. Selain itu, akses jalan menuju Candi Abang belum dibangun dengan baik dan agak sulit untuk sampai ke candi ini. Namun, jika kalian sudah sampai kesana, dijamin tidak akan kecewa. Untuk bisa ke Candi Abang, kalian bisa melihat Rute menuju Candi Abang dibawah ini:

Nah, buat kalian yang sudah pernah berkunjung ke salah satu dari candi diatas, coba komen dong, menurut kalian bagaimana kondisi candi tersebu, guys? Jangan lupa Dolan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *